10360092

  • Judul: Ice Shock (The Joshua Files #2)
  • Penulis: M. G. Harris
  • Penerjemeh: Nina Andiana
  • Penerbit: GPU
  • Jumlah Halaman: 367 hal.
  • Rating: ★★★★☆

Josh yakin kematian ayahnya bukan kecelakaan, meskipun tak ada yang memercayainya . tetapi kini petunjuk-petunjuk baru berdatangan lewat kartu pos, seakan seseorang bicara padanya dari Veracrus, Meksiko.

Tak ada jalan lain, Josh harus kembali ke Ek Naab dan menyelediki semuanya, termasuk misteri gelang Itzamna, di tengah kejaran Simon Madison- si Nissan Biru

– – –

Setelah berhasil menemukan Codex Ix yang menjadi incaran banyak pihak, Josh kembali ke Oxford untuk sejenak memulihkan dirinya. Codex itu telah diterjemahkan dan berisi petunjuk untuk bertahan dari kiamat 2012. Hanya saja, sepertinya penemuan Codex bukanlah akhir dari petualangan berbahaya Josh. Hidupnya tak bisa lagi menjadi normal setelah ia tahu banyak hal tentang Codex Ix. Dan mimpi tentang ayahnya bahkan semakin aneh dan muncul tiap kali Josh tertidur. Hidup Josh semakin bertambah sulit setelah tahu bahwa salah satu di antara sahabatnya ternyata adalah penghianat dan telah membocorkan banyak informasi ke Simon Madison.

Harus kuakui bahwa buku kedua seri The Joshua files ini berkembang lebih menarik. Setelah buku satu yang terasa biasa-biasa saja dengan twist-twist yang tertebak, buku dua ini menjanjikan keseruan yang berbeda. Lebih banyak twist dan aksi serta konflik yang semakin rumit membuat kita tanpa sadar membalik halaman demi halaman.


“Saat kau telah mengeliminasi hal-hal yang tidak mungkin, apapun yang tersisa, betapa pun tidak mungkinnya, adalah kebenaran” -Kutipan kalimat Sherlock Holmes (hal. 147)


DSC_0577‘Perburuan’ Josh akan peninggalan bangsa Maya pun semakin seru setelah Ixchel, gadis yang sudah ditunangkan dengannya ikut bergabung. Karakternya yang blak-blakan dan sering bertentangan dengan Josh cukup memberi hiburan tersendiri di tengah aksi-aksi menegangkan yang melibatkan mereka.


“Aku tak pernah memercayai sesuatu hanya karena cerita orang lain” –Ixchel (hal. 182)


 

Saat keduanya berhasil memecahkan kode yang datang dari kartu pos akhirnya membawa cerita ini menuju klimaksnya. Awalnya aku sempat bertanya-tanya, apa maksud dari judul seri kedua ini? Ternyata jawabanya ada di akhir cerita. Jadi harus cukup sabar menunggu untuk mulai kembali menebak-nebak bagaimana Josh bisa sampai ke ‘Ice Shock’

 

Advertisements